Langsung ke konten utama

Pengalamanku tentang Adenomyosis dan Suntik Tapros


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3432542509829492"
     crossorigin="anonymous"></script>
 
Lanjutan: Pengalamanku tentang Kista Endometriosis...
 

10 April 2018
Saat itu aku masih merasakan nyeri sakit di perutku, karena pengobatan dari RSI sudah selesai dan tidak ada penanganan lanjut, maka aku dibawa oleh mama aku ke rumah sakit RSUP Sardjito di Jogja.
Aku pergi ke rumah sakit saat aku sakit di hari ke 5. Di sana, poli Obsgyn atau kandungan ternyata ada beberapa jurusan. Aku masuk di ruangan Endokrinologi atau ilmu yang mempelajari hormon di kandungan. Tiba giliran aku untuk masuk ruang periksa. Di ruangan itu aku diwawancarai tentang penyakitku. ditanyain detail sekali, dari saya mens umur berapa, mulai sakit kapan, dan sebagainya. Kemudian dokter menanyaiku “sudah ada rencana untuk menikah?” jika sudah maupun belum, keduanya mendapatkan perlakuan pengobatan yang berbeda. Mungkin jika sudah ada rencana menikah akan dipersiapkan untuk kehamilan. Tetapi karena aku belum ada rencana menikah, jadi dokter menganjurkan untuk pengobatan suntik/injeksi, karena pengobatan dengan Vissane sudah tidak mempan.
Kemudian dokter melakukan tindakan USG dan memeriksa melalui dubur. Sebelum USG aku diminta untuk minum air yang banyak agar kebelet buang air kecil saat proses USG. Lumayan lama aku di USG untuk mengetahui yang sebenarnya seperti apa. Dan hasil USG ku seperti ini.
Pemeriksaan di dubur dengan dimasukkannya jari dokter ke duburku kemudian jarinya menekan-nekan ke segala arah. Aku diminta untuk bilang sakit jika ada salah satu arah yang ditekan sakit. Dan akhirnya benar saja saat aku bilang sakit dokter merasakan adanya sesuatu yang menonjol, tepatnya di tengah agak sebelah kanan perutku. Pemeriksaan USG selesai, aku diminta untuk menunggu di ruang tunggu. Sesaat kemudian aku dipanggil kembali di ruang periksa. Dan hasil pemeriksaan seperti ini:
GAMBAR
Kandungan aku membesar dengan ukuran 8,87x7,15x6,57 yang pada umumnya ukuran normal yaitu 7-5,5x5,25x2,5. Dan penyakitku tidak dibilang kista lagi, tetapi Adenomyosis karena bentuknya seperti myom tetapi bukan myom. Atau lebih gampangnya disebut tumor jinak. Aku memiliki tumor yang berukuran 5,1x4,6. Bisa kalian bayangin sesuatu yang sebesar itu ada di rahim yang mungil.
Karena sebelumnya aku sudah melakukan pengobatan dengan obat Vissane selama 3 bulan ternyata belum ada perubahan, maka tindakan selanjutnya adalah pengobatan injeksi atau suntik Tapros. Suntik Tapros yang rencana akan diberikan tiap minggu ke 4 selama 3 bulan.
Sebenarnya ada 2 tindakan yaitu suntik Tapros atau operasi. Mengingat aku yang masih gadis jika dilakukan tindakan operasi dikhawatirkan akan susah untuk mempunyai anak nantinya. Maka dokter memilihkan untuk pengobatan suntik Tapros.
Suntik Tapros akan dilakukan setelah aku menstruasi pada hari ke 5. Karena saat itu aku belum mens, maka keesokan hari saat aku menstruasi ke 5 aku diminta untuk kembali lagi.

*Menahan buang air kecil saat USG dimaksudkan agar kandung kemih menggembung membuat kandungan terangkat ke atas sehingga rahim terlihat jelas saat proses USG.

25 Mei 2018
Karena bulan lalu saat aku menstruasi hari ke 5 aku berada di Jakarta, maka terpaksa aku tidak bisa berobat di periode itu. Alhasil bulan berikutnya aku merasakan nyeri kembali jempalitan sana sini, nyeri di perut bawah, kebelet BAB, mual muntah selama seminggu lebih. Dan itu harus aku nikmati dulu. Dan penderitaan itu berakhir saat aku mens.
Di hari ke 5 aku menstruasi, aku kembali lagi ke rumah sakit untuk suntik Tapros. Di bulan pertama suntik ini, bagian administrasi memberiku banyak berkas entah untuk apa, yang jelas berkas itu harus aku bawa setiap kali aku suntik. Aku kira tindakan suntik ini akan berlangsung lama. Ternyata dugaanku salah.  Aku hanya disuntik seperti suntik biasa, suntik di bagian panggul atau diatas pantat sebelah kiri. Bedanya suntik ini agak lama, mungkin banyak cairan yang dimasukkan. Selesai suntik langsung bisa pulang deh.
***
Di hari pertama setelah suntik Tapros baru berasa kemengnya/nyeri pegal. Berasa dari panggul sampai paha atas. Sakit jika bagian tersebut tertindih atau tersentuh. Tetapi aku tidak seperti orang-orang yang menulis blog tentang pengalaman suntik tapros mereka. Yang kebanyakan setelah suntik mereka akan merasakan nyeri pegal selama berminggu-minggu, pusing, mual, semua badan sakit, panas, dll. Mungkin tiap orang tubuhnya berbeda terhadap reaksi Tapros. Alhamdulillah aku hanya merasakan nyeri dan pegal di area suntikan yang 4 hari berangsur-angsur sembuh.

Oke, begitulah pengalamanku di suntik Tapros yang pertama ini. Pengalaman aku ini akan aku update di bulan ke dua setelah suntik kembali.
Thanks for reading, hope you're healthy always. And comment if you wanna share to me, are you like me? So keep your spirit! See yaa..!

Komentar

  1. Hi sis.. saya juga barusan diperiksa ada adenomiosis karena haid terasa sakit sekali sampai minum painkiller zaldiar aja gk mempan sampai harus ke igd untuk suntik painkiller, dokter kandungan menyarankan suntik tapros selama 4 bulan, 2 bln lalu terdapat 2 kista fungsional sebesar 5.6cm dan 4cm namun dokter blg jgn kuatir dan diberi obat norelut slama 10 hari trus saat haid ke 4 saya cek lagi ke dokter kistanya 1 sdh hilang satu hanya tgl 1cm dan kata dokter jgn dikuatirkan, namun keluhan yg plg parah adalah nyeri haid ini, makanya saat dokter blg suruh suntik Tapros saya jadi pgn nanya apa efek sampingnya sis, dan sekarang sis uda suntikan ke 2 kah? apakah nyerinya sudah hilang? trim ya sis telah share diblog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Salaman Der, terimakasih juga sudah share pengalamanmu disini😊. Iya, tgl 22 Juni kemarin aku sudah suntik tapros yg kedua. Sedari bulan pertama stlh suntik tapros aku sama skali udah ga ngrasain nyeri *yee😄. Tetapi di bulan pertama 3 hari stlh mens selesai aku kembali mens lagi selama 2 minggu. Banyak sekali darah dan gumpalan2 yg dikeluarkan. Di bulan kedua ga tau kenapa badan aku gampang bgt gerah. Disaat yg lain kedinginan, aku ngrasain sumuk/gerah sendiri. Tiba2 badan rasanya panas gitu. Cuma kayak gitu sih yg aku rasain smp sekarang☺

      Hapus
    2. Alhamdulilah aku udah 2x suntik tapros ga ada efeknya..cuma ngilu aja kakinya😊😊keep fighting ya mba...setiap individu ga sama efeknya

      Hapus
    3. Alhamdulillah...iya semangaatt!!

      Hapus
  2. maaf mb mau tanya..sekali suntikan tapros biaya nya sekitaran berapa ya..soal nya saya juga ada penyakit adenomiosis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau biaya sendiri/umum/tidak d tanggung BPJS hampir 2 jutaan mba

      Hapus
  3. I have suffered from adenomyosis with severe cramps during and after my period. It was very painful and heavy bleeding and severe lower back pain my pain was unbearable to a point of being not able to move and a stabbing like pain on the left of my ovaries. Pain goes away when a clot comes out. But it took a while for the clot to come out. After several meetings with my gynaecologist which she suggested "Hysterectomy" but I refused I know what Hysterectomy is and how heart aching it can be then she stated that Allopathic treatment will help in pain management but it will not cure the disease. I started treatment with a drug named "endoheal 2 mg". This gave me pain relief but reduced my periods almost to no periods with numerous side effects - spotting and fluctuation in my dates. I was not mentally satisfied to bear the side effects so I came across ''Ayurvedic doctor" who started my treatment with herbs. Though I continued above drug 'endoheal 2 mg'" parallel for nine months for easy pain management. From then I continued taking the treatment. It reduced the size of my lesion but did not reduce it further after few months. And there was no relief in pain during menstruation but my Dr. Advised me to continue it during 3 months without any gap. I had noticed a quick ageing of my skin in the last 2 years. I am a smoker but for some reason I feel my quick ageing has to do with something else because I have been smoking for a long time and it's only recently that I noticed a fast decline of my skin elasticity. After then pain radiates very badly in my left leg, lower left back and left side of my vagina. The pain normally start anytime during 3, 5,6 days, but at time I had to take a painkiller for this also as it irritates whole day. Then pain disappears after fews day. My digestion was slow but Dr. Ronnie's supplements has improved it impossible situations is becoming possible miracles gradually.

    I was lucky to read in the internet about a lady who was cured from Adenomyosis through Herbal Medication. I contacted Ronnie through an email address I got from a testimony shared on the internet. Without further delay I made an order, I switched over to it. I had great breakthrough, that in the first month, I was already testifying of the effective of the Herbal medication. After 3months course of taken the medicine, all symptoms were gone. It has been 1 year and four months since I became free from adenomyosis. Anyone who is not in my position would not understand what I went through, the heart break, the pain and how frustrated I was for 6 odd years. Believe me, it was hell. I am so happy; I never believed I will be this happy again in life. My story is quite lengthy, it might help you too. You may contact Dr. Ronnie to know more via his email on. ronniemd70@gmail.com

    BalasHapus
  4. Hii mbak,apakah mbak hbis suntik tapros merasa mendingan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiii,, maaf baru bisa balas. Dalam masa suntik tapros sangat sangat sehat saya, ga ngerasa sakit lagi. Cuma stelah sy sudah tidak suntik lagi langsung deh kambuh lagi😕. Makanya stlh suntik tapros langsung disambung sama Vissane lagi

      Hapus
  5. Apakah setelah di suntik tapros siklus mensny normal kembali mba dan endometrisny hilang.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah suntik tapros mens kembali normal kok, jangan khawatir. Kalau untuk hilang atau tidak endometriosisnya itu tergantung kondisi tiap individu.

      Hapus
  6. Hi mbak salam kenal. Sy ada adenomyosis jg dan dilaparoskopi bln februari lalu dan sy suntik tapros 6 bln setelahnya. Sy mau tanya mens nya kembali brp lama ya setelah suntik tapros? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii salam kenal jugaa. kalau dari pengalaman aku ga pakai operasi, hanya suntik saja, setelah suntik tapros selesai, langsung bisa dapet mens di bulan berikutnya.

      Hapus
  7. Selamat malem aku jg lg masa jalanin suntik divalin slama 6 x suntikan apakah beda sm suntik tapros ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa itu divalin? coba ceritakan dong

      Hapus
    2. Sdh 3 bulan sy terapi hormon dgn suntik divalin tapi tiap bulan pun tetap haid

      Hapus
  8. Hay mbak tanggal 8 kmrn saya baru injeksi tapros yg pertama kali . Ga ada reaksi apa2, tapi kenapa di aplikasi kalender haid saya dr tanggl ovulasi sampai skrg payudara pegel2 kaya mau haid? Apakah sekali suntik tapros ada kmngknan bisa hamil walaupun kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk suntikan bulan pertama sih biasanya masih dapet mens mbak

      Hapus
  9. Salam kenal...punten yang pernah laparoskopi apakah sama dg saya yaa...pengalaman setelah laparskpi sakit ga sih ...sy lprskpoi tgl 14/1/2020 dan sakit punggung kaki perut sampai sekarang masih luar biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. G sakit kok.cm wkt suntik tapros..bdn jd pegel2...hot flush..mood jd naik turun.tp masing2 orng beda2 reaksi nya

      Hapus
    2. Kok sama dg saya habis operasi LO masih merasakan sakit yg amat sangat

      Hapus
  10. Helo saya laparaskopi tgl 3/3/2020 dan tgl 30 bln maret dpt suntikan tapros yg pertama... Setelah laparaskopi mens pertama sakit berkurang cmn kembungnya yg wauw bgt 😅 pas mens hari ke 2 kentut melulu😌...ini baru mens juga setelah di suntik tapros yg pertama,mensnya maju lebih cepat dari siklus biasanya, tdk sakit, kl kembung masih ada😂 semoga tidak seperti kmrn...untuk sakit punggung n yg lain... Cmn kadang nyeri sedikit... Sdh di kasih tahu dokternya jd siapp aja dinikmati rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, terimakasih sudah berbagi pengalamannya disini😊.
      Kebetulan juga saya bln maret 2020 dijadwalkan utk laparaskopi. Tapi alhamdulillah akhirnya dibatalkan karena sy di bulan maret kondisi sedang hamil

      Hapus
  11. hai mba...aku bln ini dapet suntik tapros...aku suntik di hari ke2 menstruasi...dan haidku kok masih sakit ya? sm keluar darahnya jg masih banyak...adakah yg sm ky aku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau baru suntikan pertama masih dapet mens

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visanne untuk Endometriosis

Halo semua! Yap, disini aku akan memberi sedikit informasi tentang obat hormonal yang bernama Visanne. Aku akan memberikan informasi dari segi pengalamanku mengonsumsi obat ini. Jadi aku ngga akan membeberkan kandungan obatnya, karena aku bukan apoteker :p Oke langsung aja! Visanne adalah obat hormonal yang fungsinya hampir mirip seperti pil KB. Tapi ini beda sama pil KB! Dari segi harga pil KB mempunyai harga yang lebih murah daripada obat ini. Visanne akan menghambat hormon esterogen yang salah satu fungsinya mengatur menstruasi. Dia akan menghambat periode menstruasi. Dengan harapan agar tidak banyak darah yang akan menggumpal di kandungan yang akan membuat rasa sakit saat periode menstruasi. Itu mengapa obat ini biasanya diberikan kepada penderita endometriosis. Efek dari obat ini yang dirasakan olehku yaitu hanya darah mens yang keluar sedikit dan memiliki masa mens yang lama. Dengan normalnya mens 6 hari selesai, ini bisa sampai 12 hari hingga leb

Pengalamanku tentang Kista Endometriosis

Hai nama aku Utha, disini aku akan berbagi pengalamanku tentang kista. Di pemeriksaan awal, kista yang aku derita adalah kista endometriosis. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari keturunan genetika hingga stress . *Kista Endometriosis yaitu sebuah jaringan baru berisi darah yang terbentuk karena ketidak tuntasan darah keluar saat menstruasi. Letaknya di luar rahim. (Sumber: dr. Obsgyn RSI Klaten)  Awal mula aku ga tau pasti kapan aku terkena kista, karena aku tidak langsung merasakan sakit. Entah kapan, yang jelas setelah aku bekerja. Seiring berjalannya waktu aku merasakan hal aneh diperutku. Rasanya seperti diare tapi susah untuk BAB (Buang Air Besar). Sekalinya BAB pasti yang keluar cair. Aku berfikir, oh mungkin karena aku habis makan makanan pedas. Kejadian seperti itu berlangsung mungkin hingga satu minggu lamanya. Berbulan-bulan aku merasakan ga nyaman di perutku, perutku bagian bawah terasa nyeri. Sampai aku menyadari aku selalu merasakan sakit ini tiap bulan dan ti